SELAMAT DATANG DI BLOGNYA AMIRZONA
SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA TERIMA KASIH

30 Nov 2011

Pesan dari Ali bin Abu Tholib by amirzona

Pesan dari Ali bin Abu Tholib

Diketahui bahwa Ali bin Abu Tholib merupakan salah seorang "khulafaur rosidin".beliau mendapat gelar dari Rosulullah saw sebagai kunci ilmu.hal ini menunjukan adanya pengakuan rosulullah terhadap keluasan ilmu ali bin abu tholib.Sahabat ali bin abu tholib memberi nasehat atau pesan kepada kita:
saudaraku,kamu tidak akan mendapatkan ilmu kecuali dengan enam perkara,yaitu:
-kecerdasan,untuk mendapatkan suatu ilmu diperlukan suatu kecerdasan.kecerdasan bukanlah barang jadi yang siap pakai.dalam kecerdasan diperlukan belajar.dalam belajar diperlukan usaha sungguh-sungguh,berdoadan berlatih.
-tamak,dalam islam tamak merupakan salah satu perbuatan yang tidak baik.tamak dalam arti serakah/loba atau selalu ingin memperoleh yang paling banyak inilah yang tidak baik.akan tetapi dalam belajar,sahabat ali membolehkan para pelajar bersifat tamak,artinya pelajar selalu ingin mendapatkan ilmu lebih banyak lagi.tidak ada kata cukup sampai disini untuk menuntut ilmu.pelajar tidak boleh puas dengan ilmu yang didapatkannya di sekolah.
-kesungguhan,sebagai pelajar harus mempunyai motivasi dan semangat belajar.pelajar yang memiliki motivasi belajar tinggi akan selalu ingin belajar dengan sungguh-sungguh,tidak sekedar bertemu teman di sekolah.bahkan yang lebih parah,siswa sekarang banyak yang hanya membuat "jamiyah ngantuk" di kelas.
-biaya,ada sebuah pepatah mengatakan"jerbasuki mawa bea" artinya segala usaha sedikit banyak pasti memerlukan yang namanya biaya.demikian pula dengan pelajar,membutuhkan biaya,seperti biaya transport,bayar spp,membeli buku,fotocopy dll.
-mendekati guru,sebagai pelajar tentu harus dekat dengan guru.mendekati guru bukan berarti untuk merayunya,tetapi hal itu dilakukan hanya untuk mmeperoleh ridhonya guru.
-waktu yang lama dan terus menerus,proses belajar tidak bisa langsung belajar dan pandai,tetapi membutuhkan proses.proses inilah yang akan menentukan berhasil tidaknya belajar.

diposkan oleh AMIRZONA

2 komentar: