SELAMAT DATANG DI BLOGNYA AMIRZONA
SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA TERIMA KASIH

30 Nov 2011

sejarah tinju by amirzona

SEJARAH TINJU

Tinju merupakan terjemahan dari kata inggris "boxing" atau "puglism".Puglism sendiri diambil dari bahasa Yunani pugno,pignis,pugnare yang menandakan segala sesuatu yang terbentuk kotak atau "box" dalam bahasa Inggrisnya.
Kata Yunani,pugno berarti tangan terkepal menjadi tinju,siap untuk "pugnos",berkelahi,bertinju.Dalam mitologi,bapak boxing adalah Poliux,saudara kembar dari Castor,putera legendaris dari Jupiter dan Leda.
Kitab Mahabarata juga mencatat pertandingan-pertandingan tinju.
Petinju terkenal pertama,Theagenes menjadi juara olympiade games 450 M.Ia melakukan pertandingan sebanyak 1.406 kali dengan menggunakan sarung tinju yang terbuat dari kawat.kebanyakan lawannya itu tewas ketika bertarung.
Meski tinju terkenal berabad-abad lamanya sebagai hiburan tapi James Ping (orang Inggris) merupakan orang pertama yang menggunakan sarung tinju.Peraturan menggunakan sarung tinju baru diperkenalkan mulai 10-8-1973 silam.
Perauturan ini dipelopori James Broughton yang saat itu membuka suatu akademi untuk melindungi murid-muridnya agar tidak cedera,maka sarung besi diganti dengan sarung kulit.
Tindakan James Broughton juga kelanjutan dari dilarangnya profesional boxing pada 14-4-1743 olehpemerintah inggris.
Sebelum james broughton tampil dengan peraturan dengan sarung tinju kulit,pertandingan dilakukan dengan tinju tangan.Pertandingan pertama disebut bare knuckle bout.Pertarungan antara prajurit dari the Duke of Albemarle seorang pembantai di tahun 1681.
tinju juga memperkenalkan nama-nama legendaris yang sangat apik bertinju diantaranya Mohammad Ali dan si leher beton Michael tison.
Olahraga tinju di Indonesia ikut dipopulerkan oleh tentara KNIL.Ring tinju yang kini masih ada di Jasdam 5 jaya serta jasdam VII Diponegoro Semarang merupakan buktinya.Indonesia juga mempunyai petinju-petinjuterkenal seperti The Dragon Cris John,Elyas Pycal,Daud Jordan dll.

"MAJU TERUS PETINJU-PETINJU INDONESIA DAN KALAHKAN MUSUHMU"

1 komentar: