SELAMAT DATANG DI BLOGNYA AMIRZONA
SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA TERIMA KASIH

14 Des 2011

PENERBANGAN DAN ANTARIKSA

PENERBANGAN DAN ANTARIKSA
 
AmirzonaFoundation-Sebelum abad ke-20,tepatnya tahun 1100,bangsa cina mampu menggunakan prinsip kerja roket.mereka menggunakan roket sederhana sebagai senjata untuk berperang.Selain bangsa cina,sejak tahun 1300 bangsa eropa mulai mengenal roket.gagasan bahwa roket dapat dimanfaatkan sebagai sarana penerbangan ke antariksa.gagasan itu muncul di akhir abad ke-19.
Pada tahun 1895,konstantin Eduardovich Tsiolkousky,seorang guru berkebangsaan rusia,mengemukakan gagasan penerbangan ke antariksa dengan roket.
Seiring dengan itu seorang ilmuwan AS bernama robert hutchings goddard melakukan percobaanpengembangan roket sejak tahun 1910.Goddart merupakan orang pertama yang berhasil membuat roket berbahan bakar cair.
Pada tahun 1935,dia meluncurkan roket yang telah disempurnakan dengan kecepatan 1000 km/jam.sebelum perang dunia 2,dia mampu menciptakan roket yang berkecepatan melebihi kecepatan suara.akibatnya penelitian tidak berkembang hingga dia meninggal dunia pada tahun 1945.
Kesuksesan tekhnologi roket jerman dipelopori oleh Von Braun yang berhasil meluncurkan roket pertama X pada tahun 1931.
Menjelang perang dunia 2,van broun menciptakan roket A4.Saat itu terdapat masalah yang belum terpecahkandi dalam setiap pembuatan roket,yaitu mengatasi kesulitan kendali.
Roket A4 inilah yang kelak diberi nama V2 yang menjadi nenek moyang roket-roket raksasa yang ada sekarang.
Pada tahun 1960,kelompok von braun ditarik menjadi anggota sipil pada NASA.
Pada tahun 1972,von braun mengundurkan diri dari NASA.Tahun 1977,ia meninggal

Pengetahuan Satelit
Syarat untuk menempatkan satelit di antariksa adalah satelit harus berkecepatan tinggi sehingga gaya sentrifugalnya mampu mengimbangi gravitasi bumi.gaya sentrifugal adalah gaya gerak suatu benda yang menjadi pusat atau sumbunya.gaya gerak tersebut akan terbentukspiral,seperti lingkaran obat nyamuk.dengan gaya sentrifugal,kecepatan yang diperlukan untuk menepatkan satelit ke dalam garis edar adalah 28.200 km/jam,dengan ketinggian minimum 160 km dari permukaan bumi.selama di antariksa,satelit akan beredar setiap 90 menit sekali.
Berkat kegigihan yang tinggi,akhirnya AS berhasil mewujudkan impian mendaratkan pesawat apolo 11 dan astronotnya di permukaan bulan.periwtiwa sejarah itu terjadi pada tanggal 20 juli 1969.Astronot Neil amstrong adalah manusia pertama yang menginjakan kakinya di permukaan bulan.orang yang kedua adalah edwin e.aldrin,jr rekan satu timnya.

Pengetahuan Antariksa Indonesia

Tahun 1962 tekhnologi roket dikembangkan di indonesia sebagai perintisnya adalah para mahasiswa ugm dan ITB.
Pada tanggal 27 november 1963 pemerintah membentuk LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional)
Pada tahun 195kegiatan perakitan roket kita sempat terhenti karena kondisi ekonomi politik negara yang mengalami goncangan yaitu terjadinya g30 s/pki yang ternyata dalangnya adalah Soeharto.Mantan Presiden kita dulu.
Baru tahun 1970 kegiatan perakitan roket dilanjutkan kembali dan berhasil mengembangkan roket prima i menjadi prima 2 dan roket widya A dan B.
Indonesia merupakan negara berkembang pertama yang memiliki satelit domestik yaitu satelit palapa.berkat jasa SKSD Palapa,kita merasakan kemajuan di bidang komunikasi dan informasi.Semua itu dapat kita lakukan berkat bantuan sebuah satelit domestik yang mampu meliput tidak kurang 3000 pulau di seluruh nusantara.
Tekhnologi kita cukup maju dibandingkan negara berkembang lainnya.Sejak tahun 1970 kita memiliki IPTN (Industri pesawat terbang nusantara).pada tahun 1980 IPTN berhasil membuat pesawat terbang CN-235.Hingga saat ini di angkasa kita sudah ratusan pesawat produksi IPTN yang beterbangan.mulai dariNBO-105,TETUKO CN-235 dan Gatotkaca N250
 
 
diposkan oleh Amirzona
 

0 komentar:

Posting Komentar