SELAMAT DATANG DI BLOGNYA AMIRZONA
SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA TERIMA KASIH

26 Nov 2011

Dakwah perlu ciptakan tontonan menjadi tuntunan

Dakwah

perlu ciptakan tontonan menjadi tuntunan


kesuksesan dan kegagalan dakwah saat ini memang sulit dipilah-pilah.disisi lain dakwah terus berada dimana-mana.dilain pihak kemaksiatan dan kriminalitas tetap terjadi dimana-mana.
ukuran keberhasilan dakwah sangat sulit ditentukan.bahkan,tidak bisa diukur dengan banyaknya orang maksiat atau kriminal.karena orang yang suka maksiat dan kriminal biasanya jarang atau bahkan tidak pernah mengikuti kegiatan dakwah.akibatnya mereka sering malakukan tindakan-tindakan yang dilarang oleh ajaran islam.
disamping itu,kebaikan perbuatan seseorang itu tidak cukup hanyadinasehati ataupun diberikan ceramah dakwah.melainkan perbuatan seseorang itu akan lebih dipengaruhi oleh kesadaran yang didukung oleh pengetahuan.kondisis ini yang menyebabkan sulitnya nasehat dakwah diterima oleh umat.selain itu,perbuatan itu juga sangat terkait dengan petunjuk Alloh.sehingga rahmat Tuhan juga ikut menentukan dalam keberhasilan dakwah.
media yang sangat efektif untuk melaksanakan dakwah saat ini adalah televisi.hal ini bisa kita lihat,betapa masyarakat sekarang seperti terjajah oleh televisi.bahkan bisa dipastikan sehari nonoton tivi meskipun hanya beberapa menit.bahkan acara sepertmusik,berita,road show,dll sudah banjir di televisi.
lalu apakah perlu didirikan tv islam?dalam kondisi perekonomian yang sulit seperti sekarang ini mendirikan tv islam termasuk hal yang sulit.
kesulitan dalam membuat tayangan bermutu yaitu memuaskan dan menyenangkan.contohnya kuliah subuh atau ceramah subuh termasuk tayangan yang memuaskan tetapi tidak menyenangkan.
berbeda dengan acara musik,sinetron,show dll yang masuk katagori menyenangkan tetapi belum bisa memuaskan.
acara dalam bulan ramadhan misalnya,hampir semua produk dan baliho-baliho akan menyuarakan islam.hal ini terjadi karena momentumnya itepat.tetapi ketika ramadhan berakhir semua akan berlangsung seperti biasa.karena jika dipaksakan takut gak laku.inilah yang menjadi kendala selama ini.
mudah-mudahan pendakwah saat ini bisa cermat dan cerdas,bukan hanya kaum yang baik-baik saja yang diceramahi tetapi yang buruk-buruk itu lebih penting.karena yang buruk tidak akan pernah hilang jika hanya dicemooh tetapi tidak pernah diceramahi.

0 komentar:

Posting Komentar