SELAMAT DATANG DI BLOGNYA AMIRZONA
SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA TERIMA KASIH

26 Nov 2011

Sejarah Hipnotis

 HIPNOTIS

Untuk mengerti dan memahami kerja "hipnotisme" dan "sugesti" adalah perlu sekali untuk menerangkan sedikit tentang kerjanya pikiran dan kesadaran manusia.
manusia sedikit banyak mempunyai pengetahuan yang cukup tentang apa yang dinamakan kesadaran (akal pikiran).dengan kesadaran ini,kita mengemukakan pendapat,menarik kesimpulan,menimbang dan mengingat-ingat.akan tetapi kita harus insyaf bahwa banyak proses-proses yang tak bisa kita namakan proses "sadar".karena sebagaimana kata Prof.bareet :sesungguhnya proses perkembangan,pemeliharaan dan pemuilhan tubuh kita terjadi dengan sendirinya,di luar kesadaran kita.semua proses tersebut dikendalikan alam bawah sadar.
ada 2 sifat utama "bawah sadar" yang perlu kita ingat-ingat dan kita perhatikan baik-baik,yaitu:pertama,bahwa "bawah sadar" ini mencatat segala sesuatu yang memasuki pikiran kita.kedua,bahwa "bawah sadar" bisa dikendalikan dan dibimbing dengan sugesti.
semua ingatan-ingatan kita disimpan dalam alam bawah sadar.kita dapat lupa akan hal-hal dan peristiwa yang berarti bahwa kita mendorong mereka keluar dari kesadaran kita.akan tetapi semua itu tak lenyap,melainkan disimpan dalam alam bawah sadar sampai akhir khayat kita.
kita mungkin mengalami sendir atau setidaknya pernah melihat seseorang yang sakit keras menceritakan kejadian-kejadian yang sudah lama dilupakan,sebagaimana halnya dengan orang mabuk atau orang gila.
pengalaman orang yang terlepas dari bahaya tenggelam pada saat menghadapi maut,sekonyong-konyong melihat seperti dalam film segala apa yang dihadapi dalam hidupnya.hal ini membuktikan bahwa pikiran bawah sadar bekerja sangat sempurna.kenyataan tentang sifat tak bisa lupa dari bawah sadar ini adalah sangat penting.ini berarti bahwa pikiran serta gagasan kita menggalkan bekas kepada pribadi kita.dan dengan begitu ikut membentuk watak atau iperangai kita.
perkataan "hipnotis" mengandung pengertian "tidur.Dan tidur hipnotis ini diciptakan supaya suyet(orang yang dihipnotis) lebih mudah menerima sugesti atau saran-saran.dalam keadaan hipnosa kesadaran menjadi redup.sebaliknya bawah sadar menjadi lebih terang.jadi,aanila kita tak sadar,bahwa sadarlah yang muncul,yang berarti kita mudah dipengaruhi oleh saran-saran apa saja yang dicekokan kepada kita.
jika proses ini diteruskan dan pengawasan pikiran sadar makin kendor,maka akhirnya datanglah keadaan "tidur hipnosa".dan inilah terjadi hal-hal aneh alias ajaib.

3 komentar: