SELAMAT DATANG DI BLOGNYA AMIRZONA
SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA TERIMA KASIH

19 Jun 2012

BENARKAH CINTA MERUPAKAN PROSES KIMIA???

cinta adalah sesuatu yang indah,yang diproses di otak,baru ke hati.itulah yang disebut cinta suatu proses kimiawi.unsur phenylethylamine membuat cinta hanya berumur 4 tahun.
cinta tak mesti datang dari mata turun ke hati,sebab menurut penelitian,cinta datang dari indera ke rasio ulu.artinya cinta  ditangkap lewat indera harus diolah diotak sebelum turun ke hati.otaklah yang menjadi pusat pengendalian proses cinta itu.
cinta adalah proses kimiawi bukan semata emosi karena cinta datang lewat mata,hidung,kulit atau telinga.sinyal-sinyal alat indera itu lantas merangsang otak untuk memproduksi sejumlah senyawa kimia yang kemudian menyebar ke seluruh tubuh.maka tidaklah heran dan aneh jika orang yang jatuh cinta suka senyum sendiri,tersipu-sipu,wajahnya merah,tangan berkeringat dingin atau nafas yang tidak teratur.semua adalah reaksi kimia dari cinta.
menurut para ahli ada 3 tahapan proses kimia dari cinta.

yang pertama disebut terkesan/penjajakan.ada kontak antar alat indra dari 2 pihak yang bakal jatuh cinta.tidak hanya pandangan mata yang berperan,bau badan,pengalaman psikologis,perkembangan dan faktor genetik bisa pula mengembangkan reaksi-reaksi romantis.
ini mungkin bisa menjelaskan mengapa seseorang tidak bisa memberikan alasan kenapa ia tertarik pada pasangannya,mungkin ia punya pengalaman psikologis atau bahkan faktor keturunan yang membuatnya.tertarik pada si A,bukan pada si B.padahal banyak orang bilang si B lebih cantik dari si A.
 
Tahap kedua disebut ketertarikan.reaksi-reaksi romantis pada tahap pertama tadi merangsang produksi senyawa phenylethylamine,mapun senyawa lain seperti dopamine dan nerepinephrine di bagian otak.itu adalah senyawa yang bila mengalir ke seluruh tubuh akan menimbulkan perasaan gembira dan bahagia.senyawa phenylethylamineyang paling penting dalam proses cinta,membuat orang tersenyum malu-malu atau bahagia bila bertemu dengan orang yang ia sukai.
sayang,tahap ini tidak berlangsung lama karena keterbatasan tubuh dalam menghasilkan phenylethylamine.para ahli menduga kemampuan tubuh menghasilkan senyawa itu hanya sekitar 2 sampai 4 tahun saja.rasa tertarik akan pudar jika kebutuhan phenylethylamine tidak bisa dipenuhi otak lagi.
 
tahap ketiga disebut pengikatan.tubuh menghasilkan senyawa endorphin yaitu sejenis morfin yang berfungsi menenangkan dan mengurangi rasa sakit.akibatnya timbul perasaan damai,aman dan tentram.itulah mengapa seseorang jika ditinggal pasangannya merasa gelisah,karena tiak ada lagi produksi endorphins yang menghilangkan rasa sakit.orang yang patah hati bisa saja mengganti endorphin dengan narkoba/alkohol,tapi bila berlebihan bisa merusak segalanya.
tahap ke tiga inilah yang paling penting dalam kelangsungan hubungan cinta.jika hanya mabuk kepayang,hanya mengandalkan nafsu,orang akan cenderung gonta ganti pasangan begitu produksi phenylethylamine habis.yang lebih melanggengkan hubungan cinta itu terus mengalir,itu berarti mencintai seseorang sebagaimana orang itu mencintai kita.
tahap keempatadalah persekutuna kimiawi.kelenjar otak kecil mengeluarkan oxytocin yang membangkitkan rasa nikmat selam bermain cinta dan menghasilkan perasaan puas.ini yang membuat sepasang manusia kian rukun dan intim.
 

sumber : redaksi amirzona

0 komentar:

Posting Komentar